Kamis, 09 April 2015

10 Pasukan elite dan mematikan di dunia

Ini-lah daftar sembilan pasukan elit terbaik di dunia kepada tahun 2014 dimana Kopassus TNI AD, Navy Seal (AS), SAS (Inggris Raya) dan juga Sayeret Matkal (Israel) masuk dalam daftar tersebut. Selaku unit militer yang dilatih untuk melaksanakan misi tidak biasa, pasukan elit ataupun khusus telah mulai dikenal sedari awal abad ke-20 dan juga bertumbuh cepat selama Perang Dunia 3 yang biasanya terdiri dari kelompok kecil yang amat terlatih, yang dipersenjatai dengan senjata khusus, yang bekerja dengan cara mandiri, siluman, dengan kecepatan tinggi, dan juga dengan kerja sama yang dekat.

Pasukan khusus jua sering diberi tugas melatih satuan militer luar negeri, jadi dibutuhkan jua keahlian budaya dan juga bahasa. Istilah ini sebenarnya agak samar-samar, sebab kriteria pasukan khusus dapat berlainan kepada tiap negara, tetapi, pasukan khusus tidak sama dengan pasukan elit. Pasukan elit adalah satuan tentara yang dipilih dan juga disatukan men-jadi satuan yang sama. Seluruh pasukan khusus adalah pasukan elit, tetapi pasukan elit belum tentu pasukan khusus.

Pasukan elit dibuat agar dapat mengerjakan tugas pasukan reguler, tetapi dengan cara sebaiknya seperti misi perang non-konvensional, anti-teroris, pengintaian, aksi langsung, penghancuran target, penyelamatan sandera, operasi intelijen dan juga pertahanan luar negeri. Pasukan elit telah memainkan urgen dalam sejarah perang mulai zaman se-belum masehi seperti ninja di Jepang yang digunakan untuk aksi spionase, pengintaian dan juga pembunuhan target.


Sepanjang peradaban manusia, kita mengenal sejumlah pasukan khusus yang pernah ada. Contohnya Pasukan elite di era Kekaisaran Akhemania (Persia) Kuno yang disebut Immortal. Nama pasukan ini di-berikan oleh Herodotus. Tugas mereka selaku Garda Imperial, bertugas melindungi kekaisaran kalau ada serangan dari luar.

Anggota pasukan elit diharuskan menguasai banyak perihal, mulai dari lihai medan berat dan juga pemakaian senjata, pakar bela diri hingga jago dalam menggunakan teknologi. Keunggulan dan juga ketangguhan pasukan militer men-jadi kebanggaan tersendiri bagi suatu negara. Tidak bingung banyak negara yang berusaha menciptakan pasukan elit. Berikut adalah daftar sembilan pasukan elit dunia yang dianggap ter mematikan kalau mereka berhadapan dengan lawan, yang diperoleh dari sejumlah sumber. Tetapi tidak mengurut berlandaskan sejumlah info.

1. Pasukan Elit Sayeret Matkal dari Israel

Sayeret Matkal adalah pasukan elit Angkatan Pertahanan Israel yang ditugaskan melaksanakan beragam misi seperti pengintaian yang mendalam di belakang garis musuh untuk memperoleh intelijen strategis, kontra-terorisme dan juga penyanderaan penyelamatan di luar perbatasan Israel. Meski jumlahnya sedikit namun pasukan elit ini tetap disegani sebab bermutu. Mereka beroperasi dengan mengandalkan bela diri dan juga intelegensi mereka untuk berperang.

2. Pasukan Elit TNI AD Kopassus dari Indonesia

Kopassus ataupun Komando Pasukan Khusus adalah pasukan elit yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia yang dibentuk kepada 16 Bulan april 1952. Sebab memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di tiap medan, menembak dengan pas, pengintaian, dan juga anti terror, Kopassus sering ditugas untuk melaksanakan misi seperti aksi langsung, misi tidak baisa, sabotase, anti terorisme, dan juga pengumpulan data intelijen.

Kopassus jua pernah terlibat perang langsung dengan satu batalyon pasukan komando Special Air Services (SAS) kepada tahun 1963 ketika terjadi konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia di perbatasan Kalimantan Utara. Dalam perjalanan sejarahnya, Kopassus berhasil mengukuhkan keberadaannya selaku pasukan khusus yang mampu menangani tugas-tugas yang berat yang membikin namanya populer di dunia Internasional.

3. Pasukan Elit Inggris, Special Air Service (SAS)

Special Air Service (SAS) adalah resimen pasukan elit Inggris Raya yang dibentuk kepada tanggal 31 Bulan mei 1950 dan juga dikontrol oleh Kementerian Pertahanan. SAS telah men-jadi model untuk pasukan elit di banyak negara di dunia, yang dilatih untuk melaksanakan misi tidak biasa yang beresiko tinggi. SAS mem-bentuk satu buah bagian urgen dalam Pasukan Khusus Britania Raya bersama dengan Special Boat Service (SBS), Special Reconnaissance Regiment (SRR), dan juga the Special Forces Support Group (SFSG).

4. Pasukan Elit US Navy Seal dari Amerika Serikat

US Navy Seal adalah pasukan elit Angkatan Laut Amerika Serikat yang memang dilatih dan juga ditugaskan untuk untuk melaksanakan operasi tempur non konvensional, pertahanan dalam negeri, serangan langsung, kontraterorisme, dan juga operasi khusus lainnya. Pasukan khusus ini dapat menembus area perairan dangkal seperti garis pantai di Teluk Persia dimana kapal gede dan juga kapal selam tidak dapat mencapainya.

5. Spetsnaz dari Rusia

Special Force Resimen Rusia ataupun Spetsnaz, Specnaz (bahasa Rusia: pengucapan; sptsnastr: Voyska spetsialnogo naznacheniya; adalah istilah umum untuk “pasukan khusus” dalam bahasa Rusia, dengan cara harfiah ” target khusus “. Pasukan khusus Rusia tersebut dapat dengan cara khusus mengacu menuju tiap elit ataupun unit Spetsnaz di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) ataupun Rusia Pasukan Internal Departemen Dalam Negeri, dan juga unit dikontrol oleh dinas intelijen militer GRU. adalah suatu istilah umum untuk pasukan khusus di Rusia, yang arti literalnya adalah "unit target khusus". 

6. JTF dua

Joint Task Force dua (JTF2) (Perancis: Deuxième opérationnelle interarmées, FOI dua) adalah elit operasi khusus kekuatan dari Angkatan Bersenjata Kanada, terutama bertugas dengan kontra-terorisme operasi. JTF2 melayani bersama Canadian Operasi Khusus Resimen, yang Canadian Joint Insiden Response Unit dan juga 427 Penerbangan Operasi Khusus Squadron selaku bagian dari Canadian Pasukan Operasi Khusus Komando. Unit kali ini berbasis di Dwyer Hill, dekat Ottawa, Ontario, dan juga rencana untuk pindah menuju fasilitas baru yang hendak dibangun di CFB Trenton kepada 2019.

7. KSK dari Jerman

KSK Komando Spezialkräfte (Komando Pasukan Khusus, KSK) adalah elit pasukan khusus satuan militer yang terdiri dari tentara operasi khusus dipilih sendiri dari jajaran Jerman Bundeswehr dan juga diselenggarakan di bawah Divisi Spezielle Operationen (Divisi Operasi Khusus, DSO). KSK telah menerima banyak dekorasi dan juga penghargaan dari NATO, yang Amerika Serikat dan juga afiliasinya dan juga KSK koperasi sering diminta untuk operasi anti-teror bersama, terutama di Balkan dan juga Timur Tengah.

8. 1er Resimen de Parachutistes d'Infantri de Marine dari Prancis

1st Marinir Infanteri Resimen Parasut (Perancis: 1er Resimen de Parachutistes d'Infantri de Marine, 1er RPIMa) adalah salah 1 dari tiga resimen (1er RPIMa, 13e Resimen de Dragons Parachutistes (13e RDP), 4e RHFS) di Pasukan Khusus Angkatan Darat Perancis Brigade (Bfst).
1er RPIMa adalah salah 1 yang ter berpengalaman pasukan khusus unit di Eropa, dan juga telah terus-menerus dengan cara operasional dikerahkan sedari awal peran barunya lebih dari tiga puluh tahun yang lalu.

9. 707th Special Mission Battalion dari Korea Selatan

707 Batalyon Khusus Misi (Hangul: 제 707 특수 임무 대대, Hanja: 第707特殊任務大隊) adalah pasukan khusus satuan dalam Angkatan Darat Korea Selatan Khusus Warfare Command. Unit ini gaya reaksi utama kontra-teroris dan juga cepat Korea Selatan. Prajurit unit ini - diperbedakan oleh baret hitam mereka - yang ditugaskan untuk melaksanakan misi kontra teroris perkotaan, dan juga adalah kekuatan reaksi cepat Angkatan Darat untuk keadaan darurat. Julukan batalion adalah 'Macan Putih. "

10. Black Cat Commandos/NSG dari India

National Security Guard (NSG) (Hindi: राष्ट्रीय सुरक्षा गार्ड) adalah salah 1 dari delapan Pusat Angkatan Bersenjata India dibangkitkan "untuk memerangi kegiatan teroris dengan target untuk melindungi Serikat terhadap gangguan internal". Ini adalah salah 1 seight Central Angkatan Bersenjata di bawah Pemerintah India, Departemen Dalam Negeri. NSG memiliki dua komponen, Special Action Group (SAG), yang seluruhnya terdiri dari personil militer; dan juga Special Ranger Groups (SRG), yang terdiri dari personil yang diambil dari Angkatan Bersenjata lainnya Tengah dan juga Kepolisian Negara. Kepala kepolisian, ditunjuk selaku Direktur Jenderal, yang menggunakan lencana yang sama ranking selaku tentara Letnan Jenderal, adalah satu orang perwira dari Kepolisian India.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Pasukan elite dan mematikan di dunia